Bahasa Jawa memenusiakan manusia

Bahasa merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mendukung proses terciptanya interaksi dengan orang lain . Dalam hal ini sangat mendukung tercapainya keselarasan dan keseimbangan kehidupan dalam ruang lingkup masyarakat luas. 
Dengan bahasa,  proses muamalah akan menjadi mudah dan gambang. Keserasian hidup akan terjaga dengan semangat pendekatan linguistic kontemporer yang sangat berbeda di setiap  daerah diseluruh dunia. Tak terkecuali di jawa. 
Dengan latar belakang kekentalan  budaya  yang tinggi yang membaur dengan corak islam yang unik secara tidak langsung mengupah pola dan gaya hidup masyarat jawa menjadi lebih berciri khas dan lebih ada sentuhan tata karma dari adanya percampuran budaya khas timur tengah, sehingga bahasa jawa akan menampakkan kesopanan yang lebih mengedepankan pada kesopanan, kemanusiaan, dan penghayatan nilai kebersamaan dengan saling menghormati, menyayangi, dan tolong menolong. Sesuai keadaan  tersebut sangat diketahui bahwa bahasa jawa krama lebih pada kesopanan yang tinggi dalam bertutur kata sehingga menjadikan sifat manusia lebih pada aspek gotong royong dan saling toleransi antar budaya bangsa ditanah Indonesia terutama pada bahasa jawa yang lain yang tingkatan lebih tinggi.

Belum ada Komentar untuk "Bahasa Jawa memenusiakan manusia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel