Majalah "Le Banian" Prancis Memuat Karya Sastrawan Riau



4 Dec 2013 19:00:47
Majalah
Bendera Prancis
Jakarta, Aktual.co — Majalah "Le Banian" edisi No. 15 Bulan Juni 2013 yang terbit di Paris memuat sekaligus menterjemahkan karya Sastrawan Riau Fakhrunnas MA Jabbar berupa Cerpen berjudul "Sebatang Ceri di Serambi" menjadi "Un Cerisier devant une Vranda".

"Proses pemuatan cerpen itu memerlukan waktu 3-4 bulan karena melewati seleksi cukup ketat di tim redaksinya. Cerpen tersebut harus diterjemahkan lebih dulu ke bahasa Inggris. Setelah itu baru diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis oleh Pascale Jacquemin," kata Fakhrunnas.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa Cerpen yang menggambarkan kehidupan orang Melayu itu diterjemahkan oleh Pascale Jacquemin. Sedangkan Le Banian merupakan majalah berbahasa Prancis yang terbit dua kali setahun diterbitkan oleh Lembaga Persahabatan Prancis-Indonesia yang dipimpin oleh Johanna Lederer.

Fakhrunnas MA Jabbar kepada pers mengungkapkan rasa gembiranya atas pemuatan cerpen tersebut. Ia dikirimi oleh pihak redaksi sebanyak lima eksemplar sebagai nomor bukti.

"Majalah Le Banian tersebut berukuran buku setebal 189 halaman yang keseluruhan isinya berbahasa Prancis," sambungnya.

Sementara itu chief editor Le Banian, Johanna Lederer dalam editorialnya menyebut cerpen "Sebatang Ceri di Serambi" merupakan cerpen penuh humor dan nostalgia. Johanna menyampaikan juga bila ada kesempatan yang pas, Fakhrunnas diharapkan dapat berceramah dan berdiskusi di depan komunitas Lassociacion Franco-Indonesienne (Asosiasi Persahabatan Prancis-Indonesia).

Tema pembicaraan terkait proses kreatif dan nilai-nilai lokalitas dan kearifan Melayu yang berkaitan dengan lingkungan khususnya wilayah perairan. Harap dimaklumi, Fakhrunnas memiliki latarbelakang keilmuan di bidang manajemen sumberdaya perairan khususnya perikanan.

Menurut Fakhrunnas, penerjemahan dan pemuatan cerpennya ke dalam bahasa Prancis ini setidak-tidaknya dapat memperkenalkan khasanah sastra Riau ke manca negara. Apalagi di dalam cerpen yang mengisahkan cerita sederhana tetang kehidupan suami-isteri yang hidup dalam kultur Melayu.

Di dekat serambi rumah mereka terdapat sebatang ceri byag biasanya digunakan oleh suami tempat menyandar dan bersantai. Ketika sang mertua laki-laki datang, pohon ceri itu jadi rebutan.



Sumber : http://m.aktual.co/sosial/180151majalah-le-banian-prancis-memuat-karya-sastrawan-riau


Belum ada Komentar untuk "Majalah "Le Banian" Prancis Memuat Karya Sastrawan Riau"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel